Tahun 2003 lalu aku pernah berjualan poster dan kartu motivasi melalui internet. Bisnis tersebut belum bisa dibilang berhasil, walaupun juga tidak bisa di katakan gagal. Sempat laku sekitar 20 – 25 buah. Pembeli dalam jumlah terbanyak adalah sodara sepupu sendiri.. (bisa jadi alasannya adalah karena kasian ya..?! hehe..)

Pernah juga aku berikan ke beberapa teman sebagai kado pernikahan karena saat itu aku benar-benar lagi gak punya uang buat angpao..๐Ÿ˜ฆ

Bisnis tersebut akhirnya terhenti sekitar akhir Oktober tahun yang sama karena semua hasil desain poster dan kartu motivasi hilang karena harddisk-nya modyar.

Trus sekarang.. sudah sekitar satu setengah bulan ini aku coba lagi menjalankan bisnis pribadi melalui internet. Jika dulu pakai domain dan hosting gratisan, saat ini beli domain sendiri dan bayar fasilitas hosting di techscape. Nama toko online-nya GaleriPernik yang beralamat lengkap di www.galeripernik.com. Kenapa pakai nama ‘pernik’? Hmm.. mengenai pemilihan nama ini akan aku ceritakan di tulisan lain, jika sempat.

Awalnya ada tiga produk yang ingin aku jadikan sebagai obyek jualan pertama kali, yaitu produk desain kayu buatan Piranti Works, perlengkapan muslim dan muslimah, dan poster/kartu motivasi (lagi).

Kemudian dengan pertimbangan kesesuaian jenis produk dalam satu toko, untuk perlengkapan muslim dan muslimah aku pisahkan dengan membuat sebuah subdomain khusus untuk jualan produk2 tersebut. Setelah timbang sana timbang sini, nama toko yang di pilih adalah ‘Hasanah’ yang artinya kebaikan. Nama ini juga di pilih sebagai penghormatan kepada nyokap yang punya nama lengkap Siti Hasanah.. ( I love you Mom…๐Ÿ™‚ ). Jadi alamat lengkap toko online untuk perlengkapan muslim adalah www.hasanah.galeripernik.com.

Penjualan poster/kartu motivasi sementara di hold sampai desainnya selesai, insya Allah awal bulan depan sudah mulai bisa dijual. Sementara untuk produk desain kayu di hold karena menurut marketing representative-nya di Jakarta (mas Dindon) pihak Piranti Works (mas Singgih) kurang setuju dengan nama GaleriPernik. Mereka meminta untuk mencari nama ‘toko’ lain. Akhirnya seminggu yl aku ajukan 3 nama alternatif.. dan semuanya di tolak๐Ÿ˜›.

Sekarang masih cari nama2 lain.. Dan jalurnya jadi lebih panjang… karena harus melalui approval dari mas Dindon dan trus dari mas Singgih..

Tak apalah.. demi terealisasinya jualan produk kayu tersebut.. jalan terjal dan panjang pun akan aku hadapi…!! Halah… sok semangat banget seeh..๐Ÿ™‚

Sementara untuk GaleriPernik, aku akan coba isi dengan produk2 yang lain…