Jose Mourinho

Berakhirnya hubungan Jose Mourinho dengan Chelsea mengagetkan banyak orang. Hilangnya sosok spesial itu pasti akan dirindukan oleh banyak penggemar sepakbola khususnya Liga Inggris.

Bahkan seorang Perdana Menteri Inggris pun ikut memberikan komentarnya:

“Dalam waktu singkat, dia sudah membuat kontribusi signifikan buat sepakbola Inggris dan dia juga salah satu karakter hebat dalam sepakbola.”

Satu momen yang paling saya suka dari special one ini adalah saat Chelsea harus rela kehilangan gelar Premiership karena hanyabermain imbang 1-1 dengan Arsenal. Kekecewaan yang pasti d rasakannya sama sekali tidak ditunjukkan. Dengan santai dan penuh percaya diri Mourinho berjalan ke arah tribun tempat fans Chelsea berkumpul, di sana ia memberi tepuk tangan dan menunjuk bangga ke anak asuhnya yang sebagian tertunduk lesu di tengah lapangan. Dengan bahasa tubuh seperti foto diatas Mourinho ‘memerintahkan’ pasukannya untuk tidak usah bersedih.  Saluttt..!!

Hampir selalu ada puisi dalam kata-katanya, baik yang berupa pujian maupun kecaman-kecamannya. Di bawah ini adalah kumpulan ucapan-ucapan Jose Mourinho selama 3 musim terakhir menangani Chelsea:

“Tolong jangan panggil saya arogan, tapi saya adalah juara Eropa dan saya pikir saya adalah special one.” (Saat konferensi pers pertama kali dengan wartawan Inggris)
***

“Kami memiliki pemain top dan maaf jika saya arogan, kami juga punya manajer top”.
***

“Setiap orang ingin Chelsea kalah. Saat itu terjadi mereka harus menjadikan itu hari  libur nasional.” (Diucapkan saat Chelsea memimpin klasemen Liga Inggris di awal musim 2005/2006)
***

“Gol itu datang dari bulan – dari tempat duduk penonton di Anfield.” (Soal kekalahan atas Liverpool di semifinal Liga Champions 2007 melalui gol kontroversial Luis Garcia)
***

“Saya harus berkata mungkin saat ini saya merasa lebih bangga dibanding saat kami menjadi juara. Sepanjang musim ini pemain saya adalah pahlawan yang menghadapi segalanya. Ini pertandingan yang akan dikenang dan menunjukkan kebesaran Chelsea sebagai sebuah klub.” (Diucapkaan usai pertandingan Chelsea vs MU yang berakhir 0:0)
***

“Menang adalah kebiasaan, menang adalah budaya, menang butuh banyak persiapan mental. Saya pikir membawa perasaan ini atau sedikit keberuntungan ke kompetisi Eropa adalah langkah (persiapan) terakhir.” (Setelah kandas untuk kedua kalinya di semifinal Liga Champions 2006/2007)
***

“Tidak ada telur, tidak ada omelette. Telur yang mahal akan menjadikan omelette yang yang lebih baik. Di supermarket ada telur kelas satu, dua dan tiga. Ada yang harganya lebih mahal, tapi itu membuat omelette jadi lebih baik.” (Saat Mourinho menyuarakan ketidakpuasannya dengan skuad yang dimiliki.)
***

“Kami akan melakukan hal yang sama untuk mereka. Ini bukan waktunya untuk berkelit. Saya ingin memberikan selamat kepada manajer, para pemain, manajemen dan semua orang yang menolong mereka menjadi juara.

Terkadang setelah Anda memenangkan beberapa piala, Anda bisa mencapai titik di mana tidak akan melakukan yang terbaik. Tetapi pada kami yang terjadi adalah sebaliknya.” (Diucapkan saat MU memastikan meraih gelar Liga Inggris 2006 justru di kandang Chelsea. Hal ini berkebalikan dengan hasil tahun 2004 dimana Chelsea berhasil meraih gelar Liga di kandang MU)
***

“Saya merasa dalam beberapa tahun ini orang membayangkan sesuatu yang tak benar soal diri saya. Tapi saya juga tak bisa membantahnya. Saya harus sedikit lembut.”
***

“Saya bukan orang yang mengendalikan semuanya, mengatur semuanya di sini. Saya hanya seorang manajer,” begitu Mourinho pernah menyadari keberadaan dirinya sebagai orang bayaran Abramovich.
***

“Saya sangat bangga atas kerja saya di Chelsea FC dan saya pikir keputusan saya datang ke Inggris pada Mei 2004 silam adalah keputusan luar biasa.”

***

“Itu adalah periode indah dan berharga dalam karir saya. Saya ingin berterima kasih buat dukungan dari seluruh suporter Chelsea, yang saya yakini merupakan sebuah cerita cinta yang tidak akan berakhir… Saya doakan kesuksesan besar buat klub ini, sebuah klub yang selamanya akan terhubung dengan saya dalam beberapa momen spesial.”
***

“Saya akan menikmati hidup saya, saya akan menunggu datangnya telepon yang masuk. Saya ingin bekerja.” (Diucapkan setelah pengunduran dirinya dari kursi pelatih Chelsea).

(Tulisan ini disarikan dari berbagai sumber di Internet, terutama dari detiksport)